KONSEP PEMASARAN, PROMOSI BISNIS
KONSEP PEMASARAN,
PROMOSI BISNIS
A. Konsep pemasaran
a. Pengertian
Konsep
pemasaran diaplikasikan oleh bagian pemasaran, yang berfungsi untuk menaksir
jumlah permintaan produk perusahaan, meningkatkan permintaan dan melayaninya.
Konsep pemasaran harus berorientasi pada kebutuhan konsumen. Konsep pemasaran
berorientasi menciptakan rasa senang pada pihak konsumen dengan menawarkan nilai
produk, barang atau jasa yang mereka butuhkan.
b. Pemasaran yang strategis menurut Macfoedz dan Machfoedz
(2006) didasarkan pada 3 elemen pokok, yaitu :
·
Falsafah pemasaran
·
Segmentasi pasar
·
Perilaku konsumen
c. 3 kelompok falsafah pemasaran
Secara umum
ada 3 kelompok falsafah pemasaran
1. Dorongan produksi
Produksi
merupakan penekanan utama, penjualan terjadi setelah produksi. Falsafah ini
seringkali diterapkan pada perusahaan berteknologi tinggi
2. Dorongan penjualan
Berfokus pada
personal selling dan periklanan untuk mempengaruhi konsumen agar membeli
produk. Falsafah ini banyak dianut saat persediaan di pasar berlebih.
3. Dorongan Kelompok
Mengutamakan
kebutuhan melalui riset pasar agar lebih memahami lokasi atau subjek pasar dan
untuk mengembangkan suatu strategi yang diarahkan pada kelompok.
d.
Strategi pemasaran
adalah rencana pemanfaatan sumber daya yang dimiliki dengan sebaik-baiknya
untuk mencapai tujuan perusahaan. Strategi pemasaran terdiri atas unsur
berikut:
1. Menentukan pasar sasaran, yaitu sekelompok orang yang
kebutuhannya dipenuhi oleh produk perusahaan. Pemilihan pasar sasaran dilakukan
dengan mempelajari pasar potensial untuk mengetahui pengaruh yang mungkin
terjadi pada penjualan, biaya dan laba perusahaan.
2. Menciptakan bauran pemasaran, yaitu memperkirakan
kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan pasar
3. Perencanaan pasar yang strategis, perkembangan strategi
pasar dimulai dengan penilaian lingkungan pemasaran, efektivitas program atau
strategi pemasaran yang telah ada, pasar potensial dan kebutuhannya serta
ketersediaan sumber daya dihimpun dan dianalisis.
Suharno (2008) menegaskan bahwa
ujung dari pemasaran adalah transaksi penjualan. Wirausaha harus mengupayakan
agar transaksi bisa terjadi, untuk itu wirausaha perlu memahami ramuan
pemasaran (marketing mix), yaitu:
1. Product
2. Price
3. Place
4. Promotion
B. Promosi
a. Pengertian
Dalam
sebuah bisnis diperlukan adanya strategi dalam promosi. Promosi penting
untuk dilakukan agar calon konsumen tertarik untuk melakukan pembelian produk
barang atau jasa yang ditawarkan.
b. Strategi pemasaran
Beberapa
strategi yang dapat dilakukan agar bisnis mengalami peningkatan dalam
penjualan:
·
Pemasaran melalui
media sosial
·
Penjualam melalui
market place
·
Promosi melalui
video di youtube
·
Endorsment kepada
selebgram
Komentar
Posting Komentar