KONSEP PEMASARAN, PROMOSI BISNIS

KONSEP PEMASARAN, PROMOSI BISNIS

A.  Konsep pemasaran

a.    Pengertian

Konsep pemasaran diaplikasikan oleh bagian pemasaran, yang berfungsi untuk menaksir jumlah permintaan produk perusahaan, meningkatkan permintaan dan melayaninya. Konsep pemasaran harus berorientasi pada kebutuhan konsumen. Konsep pemasaran berorientasi menciptakan rasa senang pada pihak konsumen dengan menawarkan nilai produk, barang atau jasa yang mereka butuhkan.

b.    Pemasaran yang strategis menurut Macfoedz dan Machfoedz (2006) didasarkan pada 3 elemen pokok, yaitu :

·         Falsafah pemasaran

·         Segmentasi pasar

·         Perilaku konsumen

c.     3 kelompok falsafah pemasaran

Secara umum ada 3 kelompok falsafah pemasaran

1.    Dorongan produksi

Produksi merupakan penekanan utama, penjualan terjadi setelah produksi. Falsafah ini seringkali diterapkan pada perusahaan berteknologi tinggi

2.    Dorongan penjualan

Berfokus pada personal selling dan periklanan untuk mempengaruhi konsumen agar membeli produk. Falsafah ini banyak dianut saat persediaan di pasar berlebih.

3.    Dorongan Kelompok

Mengutamakan kebutuhan melalui riset pasar agar lebih memahami lokasi atau subjek pasar dan untuk mengembangkan suatu strategi yang diarahkan pada kelompok.

d.    Strategi pemasaran adalah rencana pemanfaatan sumber daya yang dimiliki dengan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan perusahaan. Strategi pemasaran terdiri atas unsur berikut:

1.     Menentukan pasar sasaran, yaitu sekelompok orang yang kebutuhannya dipenuhi oleh produk perusahaan. Pemilihan pasar sasaran dilakukan dengan mempelajari pasar potensial untuk mengetahui pengaruh yang mungkin terjadi pada penjualan, biaya dan laba perusahaan.

2.    Menciptakan bauran pemasaran, yaitu memperkirakan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan pasar 

3.    Perencanaan pasar yang strategis, perkembangan strategi pasar dimulai dengan penilaian lingkungan pemasaran, efektivitas program atau strategi pemasaran yang telah ada, pasar potensial dan kebutuhannya serta ketersediaan sumber daya dihimpun dan dianalisis.

Suharno (2008) menegaskan bahwa ujung dari pemasaran adalah transaksi penjualan. Wirausaha harus mengupayakan agar transaksi bisa terjadi, untuk itu wirausaha perlu memahami ramuan pemasaran (marketing mix), yaitu:

1.    Product

2.    Price

3.    Place

4.    Promotion

B.  Promosi

a.    Pengertian

Dalam sebuah bisnis diperlukan adanya strategi dalam promosi. Promosi penting untuk dilakukan agar calon konsumen tertarik untuk melakukan pembelian produk barang atau jasa yang ditawarkan.

b.    Strategi pemasaran

Beberapa strategi yang dapat dilakukan agar bisnis mengalami peningkatan dalam penjualan:

·         Pemasaran melalui media sosial

·         Penjualam melalui market place

·         Promosi melalui video di youtube

·         Endorsment kepada selebgram

Komentar