KETERAMPILAN MENJUAL DAN BERNEGOSIASI

 KETERAMPILAN MENJUAL DAN BERNEGOSIASI

A.   Menjual

a.     Pengertian Menjual

Menjual adalah suatu usaha untuk mencapai hasil yang diinginkan dengan cara atau  jalan menggunakan kepandaiaan ilmu menjual, sedangkan ilmu menjual adalah suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang-orang (konsumen) supaya mau membeli produk-produk yang kita tawarkan baik jasa maupun dagang agar dapat saling menguntungkan.

Seni menjual adalah suatu usaha untuk mencapai hasil yang diinginkan dengan jalan menggunakan kepandaian ilmu. Objek ilmu menjual terdiri dari dua yaitu penjual dan produk yang dijual (berbentuk jasa maupun barang olahan). Maksud dan tujuan ilmu menjual yakni untuk merealisasikan kemampuan dalam seni menjual yang meliputi kepandaian menjual jasa maupun produk kepada para calon konsumen. Sedangkan fungsi ilmu menjual yakni untuk membantu dalam kegiatan  pelaksanaan kegiatan usaha.

b.     Ciri-ciri penjual professional

Adapula ciri-ciri penjual yang propesional yaitu :

1.      Bekerja keras untuk menyempurnakan ketrampilan dan teknik menjualnya.

2.     Tidak takut mencoba sesuatu yang baru atau berbeda. Tidak takut akan gagal dan belajar dari kegagalan.

3.    Memotivasi diri sendiri tidak melulu menunggu inspirasi dari orang-orang lain.

4.    Memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai manfaat pribadi yang dapat diperoleh dari  produk dan layanan yang ditawarkan.

5.     Terus-menerus mencari kata-kata dan ungkapan yang paling menarik untuk menyampaikan manfaat yang akan diperoleh pelanggan.

6.     Sungguh-sungguh peduli terhadap kebutuhan pribadi calon pelanggan yang potensial dan menjual untuk memuaskan kebutuhan itu dengan produk/layanan yang ditawarkan.

c.     Keterampilan milik penjual

Para Penjual Harus Memiliki Keterampilan Yaitu :

1.      Memiliki kemampuan menjual yang bisa memuaskan para pembeli atau pelanggan.

2.     Memiliki kebanggan sebagai penjual.

3.    Keterampilan dalam menjual.

4.    Memiliki pengetahuan yang luas dalam menjual.

5.     Bisa melayani pelanggan dengan baik.

6.     Memiliki kepribadiaan (kejujuran, sopan, ramah) dalam melayani pelanggan.

d.    Sifat milik penujual baik

Ada beberapa sifat yang harus dimiliki oleh penjual yang baik, antara lain :

1.      Mampu berkomunikasi

2.     Penuh inisiatif

3.    Berpikir kreatif

4.    Penuh perhatian

5.     Tidak mudah putus asa

6.     Menarik, mudah bergaul dan selalu gembira

7.     Sopan santundan disiplin

8.    Ketajaman daya ingat

e.     Keterampilan Teknik Menjual

Penjual dapat menarik perhatian calon pembeli atau konsumen sikap, perilaku, bahasa, tindakan, cara berpakaian dan cara berbicara, yang kemudian bisa membuat kesan pertama yang menyenangkan agar dapat tercipta cinta pada pemandangan pertama ( love at the first sight ) 

Seorang penjual yang baik harus dapat menghadapi pembeli dengan cara yang benar, agar pembeli tidak kabur ataupun tidak jadi membeli produk yang kita tawarkan maka dari itu pembeli harus dapat menciptakan suasana yang bersahabat, dan tanamkan rasa percaya diri agar mempermudah menentukan keputusan yang akan dibuat.

B.    NEGOSIASI

a.     Pengertian

Negosiasi merupakan suatu proses saat dua pihak mencapai perjanjian yang dapat memenuhi kepuasan semua pihak yang berkepentingan dengan elemen-elemen kerjasama dan kompetisi. Termasuk di dalamnya, tindakan yang dilakukan ketika berkomunikasi, kerjasama atau mempengaruhi orang lain dengan tujuan tertentu.

b.     Contoh kasus mengenai negosiasi

Seperti  Christopher Columbus meyakinkan Ratu Elizabeth untuk membiayai ekspedisinya saat Inggris dalam perang besar yang memakan  banyak biaya, atau sengketa Pulau Sipadan - Ligitan - pulau yang berada di perbatasan Indonesia dengan Malaysia - antara Indonesia dengan malaysia.

Dalam buku Teach Yourself Negotiating, karangan Phil Baguley, dijelaskan tentang definisi negosiasi yaitu suatu cara untuk menetapkan keputusan yang dapat disepakati dan diterima oleh dua pihak dan menyetujui apa dan bagaimana tindakan yang akan dilakukan di masa mendatang.

c.     Karakteristik utama

Negosiasi memiliki sejumlah karakteristik utama, yaitu:

1.      Senantiasa melibatkan orang baik sebagai individual, perwakilan organisasi atau perusahaan, sendiri atau dalam kelompok.

2.     Menggunakan cara-cara pertukaran sesuatu baik berupa tawar menawar (bargain) atau tukar menukar (barter).

3.    Hampir selalu berbentuk tatap-muka yang menggunakan bahasa lisan, gerak tubuh maupun ekspresi wajah.

4.    Negosiasi biasanya menyangkut hal-hal di masa depan atau sesuatu yang belum terjadi dan kita inginkan terjadi.

5.     Ujung dari negosiasi adalah adanya kesepakatan yang diambil oleh kedua belah pihak, meskipun kesepakatan itu misalnya kedua belah pihak sepakat untuk tidak sepakat.

d.    Proses Negosiasi

1.      Tahap perencanaan.

Tahap perencanaan negosiasi membutuhkan tiga tugas utama, yaitu merencanakan sasaran negosiasi, memutuskan strategi, dan memperjelas proses negosiasi.

2.     Sasaran Negosiasi

Sasaran negosiasi adalah apa hasil yang diharapkan dalam bernegosiasi. Penentuan sasaran atau target dalam bernegosiasi sangatlah penting sebagai arahan atau petunjuk dalam bernegosiasi.

3.    Strategi Negosiasi

Strategi negosiasi yang merupakan cara atau teknik untuk mencapai tujuan bernegosiasi. Untuk mencapai kesepakatan kedua belah pihak memang diperlukan strategi yang tepat.

e.     Peran Negosiator

Seorang negosiator dapat melakukan berbagai peran penting dalam bernegosiasi, antara lain :

1.      Berperan sebagai seorang pemimpin

2.     Faktual

3.    Analitis  

4.    Reliasional

5.     Intuitif

Komentar