Inspirasi Dan Peluang Bisnis

 TEORI INSPIRASI  DAN PELUANG BISNIS

A.  Definisi Inspirasi

Suatu proses yang mendorong atau merangsang pikiran untuk melakukan sesuatu tindakan terutama melakukan sesuatu yang kreatif.

B.   Faktor-faktor munculnya inspirasi bisnis

Faktor Internal (subjek)

1. Pengetahuan yang dimiliki

2. Pengalaman dari individu itu sendiri

3. Pengalaman Ketika melihat orang lain menyelesaikan masalah

Faktor eksternal (objek)

1.       Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan serta terus menerus mengganggunya.

2.       Kesulitan yang dihadapi sehari-hari

3.       Kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya atau orang lain

C.  Inspirasi menjadi sumber ide bisnis

Syarat ide  harus bersifat nilai jual tinggi diantaranya:

o   mampu memenuhi kebutuhan konsumen atau pasar

o   memiliki keunggulan bersaing dalam sebuah kompetisi

o   (punya daya saing).

o   tidak bersifat sementara, ada aspek waktu yang lama.

o   ada nilai uangnya atau bisa dinilai dengan uang

o   memenuhi aspek kreativitas dan inovasi yang bersifat solusi

D.  Berikut beberapa indikasi asal peluang bisnis

1.      Diri sendiri

2.      Lingkungan

3.      Perubahan yang terjadi

4.      konsumen

E.  Analisa peluang sebelum menjadi bisnis

Untuk membuat peluang menjadi sebuah peluang emas, maka harus menganalisa peluang tersebut:

1.    Ciri bisnis potensial

·         Bisnis harus memiliki nilai jual tinggi

·         Tidak menjadikan bisnis hanya sebuah ambisi semata tapi harus nyata

·         Bisnis tersebut harus bertahan lama dipasar

·         Tidak bersifat sesaat

·         Bisa ditingkatkan skalanya menjadi skala industri.

2.    Ciri peluang bisnis yang baik

·         Peluang itu orisinil bukan tiruan

·         Peluang itu harus bisa mengantisipasi perubahan persaingan dan kebutuhan pasar dimasa yang akan datang.

·         Benar- benar sesuai degan “minat”

·         Tingkat kelayakan usaha benar-benar diuji

·         Bersifat ide kreatif dan inovatif bukan tiruan dari orang lain

F.    Berikut factor-faktor keberhasilan dan kegagalan peluang bisnis

Factor-faktor keberhasilan :

1.      Mengikuti dan memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen

2.      Bisa terus menerus di inovasi dan ditingkatkan kualitasnya

3.      Mengikuti tren

Factor-faktor kegagalan :

1.      Tidak segera mengambil keputusan untuk memulainya sehinga peluang itu lewat begitu saja

2.      Survei pasar tidak akurat

Komentar